5 Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa

5 Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Hidup menjadi seorang mahasiswa bukan merupakan hal yang bisa dianggap remeh. Perlu perjuangan didalamnya. Apalagi untuk mahasiswa rantau atau yang berasal dari luar kota. Tinggal berada jauh dari keluarga, tentu merupakan suatu pengalaman yang cukup menantang. Berbagai hal yang awalnya bisa dibantu oleh anggota keluarga, harus bisa kamu selesaikan sendiri. 

Menjadi mahasiswa, tentunya juga harus melakukan berbagai penyesuaian, salah satunya adalah penyesuaian uang saku. Gaya hidup yang ditawarkan ketika menjadi mahasiswa sangat beragam. Jika tidak bisa mengontrolnya dengan bijak, kamu bisa-bisa menjadi mahasiswa yang boros uang saku.

Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa
Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Terus gimana sih caranya supaya bisa jadi mahasiswa yang hemat? Simak beberapa tips dari CompleteSchools di bawah ini :

Buat perencanaan pengeluaran dan pemasukan

Sebagai mahasiswa yang bijak dalam menggunakan uang, tentu kamu harus membuat perencanaan keuangan kamu. Seberapa banyak uang saku yang akan diberikan oleh orang tua harus kamu catat.

Selain itu, kamu juga perlu mencatat uang saku tersebut untuk kebutuhan apa saja. Misalnya untuk biaya makan dan transportasi. Maka, keluarkan uang hanya untuk hal-hal yang sudah kamu rencanakan. Jangan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting, dimana hal tersebut hanya akan membuat kamu semakin boros.

Catat semua pengeluaran

Selain mencatat perencanaan, kamu juga perlu mencatat pengeluaran yang sebenarnya terjadi. Hal ini dilakukan supaya menjadi kontrol ketika kamu sedang lemah iman dan ingin mencoba untuk hidup sebagai mahasiswa yang boros.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Agar Tabunganmu Banyak

Dengan mencatat semua pengeluaran yang telah kamu lakukan, kamu tentunya bisa melihat seberapa banyak uang yang telah kamu gunakan. Apabila uang saku yang kamu gunakan terlampau banyak, maka hal itu tentu bisa menjadi alarm untuk kamu agar tidak mengeluarkan uang dengan lebih banyak lagi. Sehingga kamu mulai bisa mengerem pengeluaran hanya untuk hal-hal yang penting saja.

Cari makanan yang murah

Sebagai anak kos, banyak sekali tentunya warung atau rumah makan yang menyajikan makanan dengan harga murah. Maka dari itu, sebagai mahasiswa, kamu juga perlu melakukan penyesuaian tentang harga menu makanan yang pas dan cocok dengan uang saku kamu.

Sebab, dari makanan inilah mahasiswa biasanya sering lupa diri sehingga uang sakunya cepat habis. Jika kamu benar-benar ingin, sesekali boleh lah ya makan makanan yang agak mahal, tapi jangan terlalu sering. Misalnya saja sebulan sekali, untuk memberikan apresiasi kepada diri sendiri karena telah bekerja keras selama menjadi mahasiswa.

Cerdas memilih transportasi

Pemilihan transportasi ini juga penting untuk menghemat pengeluaran kamu. Jika kamu naik angkutan umum, carilah transportasi yang seefektif dan seefisien mungkin untuk bisa mengantar kamu sampai dengan kampus dengan harga yang terjangkau.

Akan lebih menguntungkan jika jarak kos kamu dengan kampus dekat, sehingga dengan begitu kamu tidak perlu naik transportasi alias jalan kaki dan pastinya bisa menghemat pengeluaran.

Jika kamu sudah membawa kendaraan pribadi, sebisa mungkin gunakan kendaraan hanya pada saat-saat tertentu dan untuk hal yang penitng saja. Misalnya untuk pergi ke kampus atau kerja kelompok. Jika tempat yang kamu tuju jaraknya hanya dekat, kamu bisa jalan kaki saja. Selain hemat, itung-itung hal ini menjadi sarana olahraga buat kamu.

Menabung

Dengan menjadi mahasiswa, bukan berarti kamu tidak bisa menabung. Justru dengan menjadi mahasiswa, kamu wajib menabung agar uangnya kelak bisa digunakan di masa depan. Sebisa mungkin, sisihkan uang saku yang berikan oleh orang tua untuk kamu tabung.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Tugas Dengan Tepat Waktu Bagi yang Malas

Entah itu menabung di bank atau menabung di celengan kamu sendiri. Menabung dalam jumlah uang sedikit tidak masalah. Karena dengan uang tersebut yang awalnya sedikit demi sedikit, pasti akan menjadi banyak nantinya jika kamu rutin menabung.

Kesimpulan

Jadi mahasiswa bukan berarti kamu nggak bisa buat hidup hemat. Justru dengan jadi mahasiswa, kamu dituntut untuk bisa manajemen keuangan kamu dengan sebaik mungkin.

Bagaimana caranya bisa tetap bertahan hidup di tanah perantauan, dengan menggunakan uang yang telah diberikan oleh orang tua dan harus cukup sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

You May Also Like

About the Author: admin

One Comment to “5 Tips Hidup Hemat Ala Mahasiswa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *