6 Cara Mengatur Keuangan Agar Tabunganmu Banyak

6 Cara Mengatur Keuangan Agar Tabunganmu Banyak

Urusan belanja-belanja biasanya diidentikkan dengan kebiasaan perempuan. Namun siapa sangka, sebenarnya laki-laki juga bisa untuk melakukan kegiatan belanja ini.

Ngomong-ngomong soal belanja, sepertinya merupakan keperluan wajib yang harus dipenuhi tiap bulannya. Karena dengan berbelanja, kebutuhan rumah dapat terpenuhi. 

Yang perlu diperhatikan yaitu, tentunya belanja ini harus diseimbangkan dengan keuangan yang kamu miliki. Oleh karena itu, perlu mengatur keuangan serta perencanaan yang baik dari pemasukkan dan pengeluaran untuk berbelanja ini.

Cara Mengatur Keuangan Agar TabunganMu Banyak

Tidak semua orang pandai mengatur rencana belanja bulanan. Bahkan, banyak dari mereka yang sering khilaf ketika akan berbelanja.

Maka dari itu, agar uangmu tidak cepat hangus untuk berbelanja, sehingga kamu tetap bisa belanja dengan hemat dan baik mungkin cara dari CompleteSchools di bawah ini bisa untuk dilakukan:

1. Susun rencana belanja kamu

(sumber: pexels)

Ketika akan membeli suatu barang belanjaan, pastikan kamu sudah mencatat segala keperluan yang memang benar-benar dibutuhkan. Misalnya seperti barang yang sudah habis, sehingga kamu wajib untuk membeli barang tersebut.

Baca Juga : Inilah 5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Dengan adanya susunan rencana belanja ini, kamu juga tidak akan khilaf membeli barang-barang yang tidak penting, karena semua kebutuhan utama telah kamu catat. 

2. Belanja di pasar tradisional

(sumber: pexels)

Jangan utamakan gengsi dengan selalu berbelanja kebutuhan rumah di supermarket terus. Akan lebih hemat jika kamu berbelanja ke pasar. Karena, harga sayuran, sembako, maupun buah-buahan biasanya lebih murah di pasar ketimbang supermarket.

Baca Juga : Inilah Manfaat Membuat To Do List Untuk Keseharianmu

Hal ini sudah jelas, jika di supermarket akan terkena biaya pajak, sehingga harganya pasti lebih mahal. Selain itu, dengan berbelanja di pasar kamu bisa melakukan tawar menawar harga, sehingga bisa mendapat harga lebih murah lagi.

Ayo cek berapa gaji profesi dari seluruh dunia hanya di: BerapaGaji.com

3. Usahakan untuk mengolah masakan sendiri

(sumber: pexels)

Gunakan bakat memasakmu untuk mengolah masakan sendiri. Hal itu tentu saja akan lebih membuat kamu hemat sampai dengan 50 persen, daripada ketika kamu membeli makanan di luar.

Dengan mengolah masakan sendiri tentu kamu dapat mengolah bahan masakan apa saja, dengan harga yang lebih terjangkau, bahkan dengan porsi yang banyak sekalipun.

4. Membuat kategorisasi (belanja bulanan, mingguan, harian)

(sumber: pexels)

Dengan membuat kategorisasi belanja baik itu harian, mingguan, bulanan akan membuat kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan kamu. mana yang harus menjadi pengeluaran setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan.

Misalnya dengan mengkategorisasikan seperti ini:

Harian: roti dan jajanan snack

Mingguan: telur, bumbu dapur, galon air

Bulanan: beras, kebutuhan mandi, tepung terigu

5. Melakukan perbandingan harga

(sumber: pexels)

Perbandingan harga perlu dilakukan untuk menghemat pengeluaran kamu pastinya. Sebelum membeli sesuatu pastikan untuk membandingkan harga dari berbagai tempat. Walaupun hanya selisih Rp 1.000,- atau Rp 2.000,- itu merupakan perbandingan yang bisa dibilang sangat berharga dalam dunia perbelanjaan. 

Cari barang yang harganya paling murah, namun kualitasnya tetap baik dan aman ketika kamu akan menggunakannya.

Yuk mulai atur keuangan finansial mu dan dapatkan tips keuangan hanya di: WoW Finance

  1. Manfaatkan diskon
(sumber: pexels)

Diskon juga sangat bermanfaat untuk menekan jumlah uang yang akan kamu keluarkan saat akan berbelanja. Dengan adanya diskon, kamu biasanya akan mendapatkan barang yang lebih banyak dengan harga lebih murah.

Yuk mulai Budidaya sesuatu dan dapatkan tips budidaya hanya di: ZonaBudidaya.com

Coba lihat-lihat diskon yang diberikan oleh suatu lembaga atau toko melalui akun resmi mereka. Jika tidak ada akunnya, kamu bisa melihatnya langsung dengan mendatangi tempatnya. Dengan adanya diskon ini cukup bisa menekan pengeluaran kamu.

Kesimpulan

Belanja memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, bila tidak berhati-hati, kamu bisa terjerumus dalam lubang keuangan yang mematikan. Maka dari itu, diperlukan sebuah perencanaan yang baik dan benar, agar kesenangan belanja itu tetap membuat aman dompet kamu.

You May Also Like

About the Author: admin

2 Comments to “6 Cara Mengatur Keuangan Agar Tabunganmu Banyak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *