Beberapa Hal yang Bisa Bikin Kamu Ngantuk Di Kelas

Beberapa Hal yang Bisa Bikin Kamu Ngantuk Di Kelas Simak Yuk

CompleteSchools – Sebagai seorang pelajar maupun mahasiswa, dihinggapi rasa ngantuk pas di kelas merupakan sesuatu yang wajar. Bahkan hal itu bisa terjadi sama kamu setiap harinya. Tapi meskipun itu sering terjadi, ngantuk di kelas bukan merupakan sesuatu yang baik untuk dipelihara terus-menerus. Pasalnya hal ini akan berakibat pada proses penerimaan materi yang kamu dapatkan.

Ngantuk bisa bikin konsentrasi kamu keganggu, dengan begitu kamu juga nggak bisa fokus menerima pelajaran yang diberikan. Akibat lebih lanjutnya, bisa mempengaruhi prestasi kamu di sekolah. Karena keseringan tidur di kelas, bisa-bisa nilaimu anjlok dan peringkatmu jadi turun. Pastinya kamu nggak ingin hal itu terjadi kan?

Lantas, sebenernya apa aja sih hal-hal yang bisa bikin kamu jadi ngantuk di kelas? Simak penjelasannya di bawah ini.

Hal-Hal Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Ngantuk di Kelas

Beberapa Hal yang Bisa Bikin Kamu Ngantuk Di Kelas
Hal-Hal Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Ngantuk di Kelas

Kurang Tidur

Penyebab yang paling umum pas kamu terserang ngantuk di kelas adalah kurang tidur. Ketika malam hari yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk istirahat, namun nyatanya kamu masih ada kegiatan lain. Untuk mengejar deadline tugas yang belum selesai, atau sibuk begadang sambil nonton film.

Masing-masing orang memiliki durasi tidur ideal yang berbeda-beda. Ketika kamu kurang tidur di malam hari, tentu kamu masih akan terasa ngantuk di pagi harinya. Hal itu bisa mempengaruhi aktivitas kamu pada hari itu juga, bahkan aktivitas pembelajaran baik di sekolah maupun di kampus.

Bosan

Nggak jarang pas di kelas kamu ketemu sama mata kuliah atau mata pelajaran yang nggak kamu suka. Atau ketemu sama dosen maupun guru yang cara ngajarnya negbosenin dan bikin ngantuk. Hal itu bisa bikin kamu jadi nggak excited pas ngikutin kelas.

Sehingga timbullah rasa bosan dan jenuh yang menghinggapi diri kamu. Ketika kamu sudah bosan dan jenuh, tentu rasa kantuk akan mudah menyerang, karena kamu dari awal udah nggak fokus buat ngikutin kelas.

Sakit

Pas kamu ngerasa kurang enak badan bakalan bikin kamu gampang ngantuk di kelas. Tubuh kamu yang nggak vit dan segar makin ngebuat kamu gampang ngantuk dan akhirnya bisa tertidur pas pelajaran di kelas. Oleh karena itu, pastikan tubuh kamu selalu sehat ya guys. Kalo emang udah nggak kuat buat berangkat sekolah atau kuliah, lebih baik langsung izin ke guru maupun dosen aja.

Sarapan yang Terlewat

Banyak yang menegaskan bahwa sarapan di pagi hari itu penting supaya kamu bisa mendapatkan energi untuk beraktivitas setiap hari. Namun, masih banyak juga diantara kamu yang melewatkan waktu sarapan ini. Baik itu yang emang terbiasa buat nggak sarapan, atau nggak ada waktu buat sarapan.

Pas kamu nggak sarapan, tubuh kamu bakalan kekurangan energi. Kalo kamu kekurangan energi juga bakalan berpengaruh ke otak kamu yang nggak bisa untuk menerima pelajaran dengan baik. Dengan gitu, kamu pasti akan mengantuk.

Kamu kurang aktif di kelas

Ketika kamu mengikuti kelas namun nggak aktif didalamnya. Misalnya cuma diam aja, nggak aktif ngejawab maupun ngasih pertanyaan ke guru ataupun dosen maka kamu nggak akan terpacu dan tentu nggak bersemangat dalam mengikuti kelas. Hal tersebut tentunya akan ngebuat kamu cepet bosan, sehingga mudah terserang rasa ngantuk.

Akhir Kata

Selain beberapa hal diatas, masih banyak lagi hal-hal yang bisa bikin kamu ngantuk di kelas.

Supaya nggak rugi, pas udah tahu penyebabnya, kamu pastinya juga harus pintar cari solusinya.

You May Also Like

About the Author: admin

2 Comments to “Beberapa Hal yang Bisa Bikin Kamu Ngantuk Di Kelas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *