Hilangkan Keraguan, Saatnya Mengambil Keputusan Dengan 6 Cara Ini!

Hilangkan Keraguan, Saatnya Mengambil Keputusan Dengan 6 Cara Ini!

Dihadapkan sama dua atau bahkan beberapa pilihan terkadang emang bisa bikin kamu sulit untuk menentukan pilihan kamu sendiri. Kamu seringkali merasa ragu akankah pilihan yang diambil sebenarnya baik buat kamu kedepannya atau malah sebaliknya.

Dalam hidup seringkali kamu emang harus dihadapkan sama ketidakpastian yang harus kamu buka sendiri satu per satu tirai ketidakpastian itu.

Namun, keraguan yang terus menerus terjadi dalam kurun waktu lama dan tidak segera menemukan kepastian dampaknya juga nggak baik.

6 Cara Menghilangkan Keraguan dan Mengambil Keputusan

6 Cara Menghilangkan Keraguan dan Mengambil Keputusan
6 Cara Menghilangkan Keraguan dan Mengambil Keputusan

Bisa-bisa kesempatan yang ada di depanmu lewat gitu aja cuma karena kamu lama untuk memutuskan sesuatu.

Oleh karena itu, dibalik keraguan kamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya kamu bisa segera mendapatkan jawabannya. Apa aja itu? Simak beberapa cara dari CompleteSchools di bawah ini :

Fokus sama tujuan kamu

Dalam hidup ini, pastinya kamu punya beberapa tujuan yang pengin kamu capai kedepannya. Biasakan untuk selalu mencatat tujuan kamu itu. Jadi pas kamu lupa apa sebenernya tujuan kamu, kamu bisa buka lagi catetan itu.

Baca Juga : Inilah 5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Dengan gitu kamu bisa lebih fokus sama target-target yang ingin kamu capai dalam hidup. Pas kamu udah fokus, nggak akan lagi ada yang bisa bikin kamu goyah dalam ngambil keputusan.

Tentukan pro dan kontra setiap pilihan

Setiap pilihan yang kamu ambil pasti memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Maka dari itu, pas kamu bener-bener ragu, bahkan udah berpikir berkali-kali tapi masih belum menemukan jawabannya, kamu bisa coba nentuin pro dan kontra dari semua pilihan yang ada di hadapan kamu.

Setelah itu, kamu bisa ngeliat, pilihan mana yang paling menguntungkan buat kamu, pilihan yang paling menguntungkan itu adalah jawabannya.

Nggak perlu terburu-buru

Jangan jadi orang yang tergesa-gesa dalam memutuskan sesuatu. Apalagi kalau sesuatu itu berdampak banget sama kehidupan dan masa depan kamu. Pilihan yang baik emang harus dipikirkan secara matang.

Walaupun kamu diberi tenggat waktu yang singkat untuk memutuskan sesuatu, namun kamu bisa memanfaatkan waktu itu dengan sebaik mungkin untuk memikirkan keputusan apa yang akan kamu ambil.

Ketahui kapasitas diri

Suatu keputusan yang udah diambil bisa menemukan kegagalan. Salah satu penyebabnya adalah kamu nggak mengetahui kapasitas dalam diri kamu. Coba tulis hal yang mampu untuk kamu lakukan dan hal yang tidak.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Agar Tabunganmu Banyak

Dengan begitu kamu akan lebih paham akan kapasitas serta kemampuan yang ada dalam diri kamu. Ketika kamu sudah paham sama kapasitasmu sendiri, kamu berhak untuk memilih keputusan yang emang sesuai sama diri kamu.

Yakin pada kemampuanmu

Jangan sering merasa insecure, ketika melihat orang lain yang kamu pikir lebih hebat dan lebih bisa dari kamu. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kemampuan yang kamu miliki belum tentu dimiliki oleh orang lain pula. Karena itulah, percaya diri dan terus kembangkan kemampuan apa yang kamu miliki.

Nggak usah berusaha menyenangkan semua orang

Pilihan yang kamu ambil memiliki dampak untuk diri kamu, baik di masa sekarang maupun di masa depan. Nggak jarang, apa yang sudah jadi pilihan kamu bisa goyah hanya karena kamu ingin memenuhi keinginan orang lain agar orang itu puas.

Jangan pernah melupakan kebahagiaan diri sendiri. Karena kebahagiaan milik sendiri adalah nomor satu. Karena ketika diri kamu udah bahagia dan senang, maka kamu baru bisa memberikan kebahagiaan dan kesenangan buat orang lain.

Kesimpulan

Keputusan yang baik emang harus dipikirkan secara matang. Sejatinya, nggak ada keputusan yang salah. Selama kamu senang dan bahagia dalam menjalaninya, baik berhasil maupun gagal yang penting kamu udah pernah merasakannya.

Dengan gitu, perasaan kamu akan lebih lega. Lagi pula, kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Jadi, jangan pernah berhenti sebelum kesuksesan itu datang sama kamu. Semangat!

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *