Inilah 5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Inilah 5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Hayo, siapa yang sering banget begadang tiap malem? Atau emang tiap hari udah kebiasaan sama yang namanya begadang?

Bahkan nih ya, sampe jam tidur pun kebalik, dari yang harusnya malem, ee tapi malem malah sibuk kerja. Paginya baru bisa dipake buat tidur.

Buat kamu yang punya kebiasaan kaya gitu hati-hati aja nih ya, soalnya kamu tahu sendiri kan kalo begadang itu nggak baik buat kesehatan.

5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Penyakit Yang Sering Muncul Akibat Dari Sering Begadang
Penyakit Yang Sering Muncul Akibat Dari Sering Begadang

Ada beberapa penyakit yang bisa mengancam kamu. Waduh, kok serem? Emang bener ya sering begadang bahaya banget buat kesehatan? Cek dulu yuk, beberapa penyakit yang bisa disebabkan karena keseringan begadang di bawah ini :

1. Obesitas

Mungkin udah banyak yang tahu ya, kalo keseringan begadang bisa menyebabkan obesitas. Yap, keseringan begadang diimbangi dengan makan yang berlebihan, ditambah lagi kurangnya olahraga, tentu saja akan membuat tubuh kamu terkena obesitas. 

Baca Juga : Beberapa Hal yang Bisa Bikin Kamu Ngantuk Di Kelas

Ternyata, tidur mempengaruhi dua hormon yang mengatur kenyang dan lapar, yaitu leptin dan ghrelin. Kalau kamu kurang tidur, kamu akan semakin malas untuk berolahraga. Jika tidak sering berolahraga, kamu hanya akan menimbun lemak dan tidak mencoba untuk membakar kalori serta membentuk massa otot.

2. Gangguan mental

Awalnya, orang yang kurang tidur akan memiliki mood yang buruk, seperti mudah marah dan mudah tersinggung pada keesokan harinya. Jika begadang dilakukan secara terus-menerus setiap harinya, dapat menyebabkan depresi, gangguan kecemasan, serta tekanan mental. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang tidur 4,5 jam per malam menunjukkan perasaan yang lebih stress, sedih, marah, serta kelelahan mental.

Bahkan, orang yang tidur 4 jam per malam juga menunjukkan penurunan optimisme serta kurangnya kemampuan sosialisasi.

3. Bikin cepat tua!

Kok bisa sih begadang bikin cepat tua? Bisa dong. Hal ini dikarenakan kalau kamu kekurangan tidur, maka hormon kortisol akan semakin banyak diproduksi, sedangkan kolagen pada kulit dapat dipecah. Padahal, kolagen merupakan salah satu protein yang mampu menjaga kulit agar tetap halus dan elastis.

Jika kamu kurang tidur, bisa membuat penampilan wajah kamu cepat tua, karena mata bengkak dan kulit yang semakin pucat. Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu garis halus di wajah serta lingkaran hitam di area bawah mata.

4. Penurunan daya ingat

Tidur dibutuhkan untuk membuat sistem saraf pusat bisa berfungsi dengan baik. Perlu kamu ketahui bahwa sistem saraf pusat merupakan pusat informasi dari tubuh kamu. Jadi, selama tidur otak tetap bekerja dan sibuk membentuk jalur memori baru.

Baca Juga : Rapikanlah Susunan Sepatumu dengan Rak Sepatu Gantung Murah Meriah

Jika kamu kurang tidur, maka hal itu dapat mengganggu kekuatan konsentrasi serta mempelajari hal-hal yang baru. Tentu hal ini memiliki dampak negatif, baik untuk memori jangka panjang maupun jangka pendek kamu.

5. Tekanan darah tinggi

Ada studi yang menunjukkan bahwa orang yang gemar begadang 30 persen memiliki kemungkinan kenaikan tekanan darah, daripada mereka yang biasanya bangun bagi. 

Akhir Kata

Hayo, yang sering begadang sebaiknya mikir-mikir dulu deh. Karena emang begadang nggak baik buat kesehatan kamu. Coba untuk mulaai ubah kebiasaan, dari yang sering tidur di pagi hari, kini kamu harus memperbaiki pola tidur.

Dengan memiliki tidur yang cukup, tentu akan membuat tubuh kamu menjadi sehat, segar ketika bangun, dan bersemangat untuk memulai aktivitas yang baru.

You May Also Like

About the Author: admin

3 Comments to “Inilah 5 Penyakit yang Muncul Akibat Dari Sering Begadang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *