Pilihlah Jas Hujan yang Aman Untuk Pengendara Motor, Begini Caranya!

Pilihlah Jas Hujan yang Aman Untuk Pengendara Motor, Begini Caranya!

CompleteSchools – Musim hujan telah tiba. Rasanya beberapa orang ada yang diuntungkan, maupun dirugikan dengan kedatangan musim hujan ini. Walaupun banyak yang bilang bahwa hujan harus disyukuri karena membawa berkah, namun nyatanya beberapa orang masih seringkali berharap agar hujan jangan datang terlebih dahulu. Apalagi untuk mereka yang sedang beraktivitas di luar ruangan, tentu datangnya hujan akan menghambat pekerjaan mereka.

Begitu pula bagi pengendara sepeda motor. Adanya hujan beberapa kali menjadi penghambat perjalanan mereka. Pengendara motor harus ekstra berhati-hati, karena jalanan kerap kali licin saat hujan melanda.

Meskipun memang pengendara motor tidak perlu takut terkena basahnya air hujan, karena memang sudah ada jas hujan yang siap membantu kapan saja. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan sembarangan dalam memilih jas hujan. Sebab, hal ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan kamu sebagai pengendara sepeda motor.

Lantas, bagaimanakah cara memilih jas hujan untuk pengendara motor yang baik dan benar itu? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Memilih Jas Hujan Untuk Pengendara Motor Yang Baik dan Benar

Cara Memilih Jas Hujan Untuk Pengendara Motor Yang Baik dan Benar
Cara Memilih Jas Hujan Untuk Pengendara Motor Yang Baik dan Benar

1. Jangan memilih yang model ponco

Jas hujan ponco rasanya banyak dipilih karena memang penggunaannya yang mudah dan nggak ribet. Namun, jas hujan ini rawan menjadi penyebab kecelakaan di musim hujan. Hal ini karena bentuknya yang lebar, membuat jas hujan ini mudah untuk berkibar kesana-kemari. Sehingga bisa saja jas hujan tersebut menyangkut di jeruji atau dibagian dekat ban sepeda motor. Hal ini tentu saja dapat merugikan kamu.

Selain itu, jas hujan ponco ini juga terkadang menghalangi penglihatan pengendara lain, karena modelnya yang lebar tersebut.

2. Pilih ritsleting yang berbahan dasar kuningan atau tembaga

Ritsleting berbahan dasar kuningan atau tembaga akan membuat jas hujan kamu lebih awet, jika dibandingkan dengan ritsleting yang berbahan dasar plastik.

Sedangkan jika berbahan dasar besi, maka akan lebih mudah berkarat.

3. Pilih jas hujan setelan yang ukurannya pas dengan badanmu

Jas hujan setelan memang dirasa lebih aman dibandingkan dengan model ponco. Jas hujan ini terdiri dari atasan dan bawahan, sehingga mampu menutupi seluruh bagian tubuh dengan baik dari air hujan. Selain itu, penggunaan dari jas hujan setelan ini juga tidak akan mengganggu perjalanan kamu di motor, karena jas hujan tidak akan berkibar kemana-mana.

Satu lagi catatannya, pilihlah jas hujan yang sesuai dengan ukuranmu. Jangan sampai kebesaran, atau malah kekecilan. Hal ini mampu mempengaruhi kenyamanan kamu saat berkendara dengan menggunakan jas hujan.

4. Sambungan antar tiap bagian press, bukan jahit!

Pilihlah jas hujan yang penghubung antar bagiannya itu dipress, bukan dijahit. Hal ini karena dengan menggunakan sambungan press hanya ada sedikit celah ataupun pori-pori yang dapat menjadi jalan masuknya air hujan ke dalam tubuh. Sedangkan jika sambungan antar bagiannya hanya dijahit, akan lebih mempermudah air untuk masuk ke dalam tubuh, sehingga tubuhmu akan tetap basah.

5. Pilih warna yang mencolok

Kenapa harus warna yang mencolok? Ini berkaitan juga dengan keselamatan kamu. karena di saat hujan pandangan mata tidak sama seperti saat kamu berkendara ketika hari terang benderang. Sehingga dengan menggunakan jas hujan dengan warna mencolok, pengendara lain dapat dengan mudah melihat keberadaanmu. Hal ini tentunya bisa mengurangi tingkat kecelakaan di jalanan saat musim hujan.

Akhir Kata

Semoga dengan beberapa tips diatas bisa membantu kamu untuk tetap aman selama berkendara di musim hujan ya. Jangan lupa untuk selalu sedia jas hujan di jok motor kamu, agar kamu tidak kehujanan saat bepergian dengan menggunakan motor meskipun di musim hujan. Stay safe ya kamu!

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *